Tips Merencanakan Keuangan Keluarga untuk Kemandirian Finansial

Tips Merencanakan Keuangan Keluarga untuk Kemandirian Finansial


Tips KeuanganPerencanaan Keuangan Keluarga. Mungkin anda pernah bertanya tanya: Penyususnan rencana keuangan untuk siapa dan kapan dibutuhkan? 

 

Terdapat beberapa persepsi yang salah dan sering muncul ketika mengartikan rencana keuangan dalam keluarga seperti rencana keuangan keluarga yang dianggap hanya untuk orang kaya dan hanya dibutuhkan saat mengalami krisis keuangan saja.

Kedua persepsi tersebut sebenarnya salah karena rencana keuangan keluarga tidak hanya untuk orang kaya saja dan sebaliknya merupakan langkah awal bagi siapa saja yang ingin meraih kebebasan finansial di masa depan.

 

Waktu dan Kondisi Penyususnan Rencana Keuangan

Rencana keuangan keluarga harus disusun saat kondisi keuangan sedang stabil sehingga Anda sudah siap jika sewaktu-waktu masalah keuangan menimpa.

 

Item – Item Dalam Perencanaan Keuangan Keluarga

Perlu diingat bahwa rencana keuangan keluarga adalah sinergi dari seluruh aspek penting keuangan yang meliputi manajemen aset, arus kas, manajemen risiko, manajemen hutang, investasi sampai dengan perencanaan pajak dan juga warisan.

Fokus Pencatatan

Apabila Anda ingin meraih kemandirian secara finansial, langkah awalnya adalah dengan mencatat kekayaan atau pemasukan/pengeluaran bulanan dan mengelola dana untuk semua kebutuhan. Namun, Anda tidak perlu mencatat pengeluaran setiap hari dan cukup mencatat pengeluaran tiap 6 bulan sampai 1 tahun.

Disarankan untuk menuliskan semua kebutuhan-kebutuhan di masa depan dan bagi kebutuhan–kebutuhan tersebut jadi tiga bagian berdasarkan jangka waktunya yakni pendek, menengah dan panjang.

Hitunglah berapa jumlah kira-kira kebutuhan tersebut untuk saat ini dan berdasarkan asumsi inflasi yang ada. Hitung juga kebutuhan di masa datang agar Anda bisa mengetahui jumlah yang harus diinvestasikan mulai dari sekarang.

Informasi Fundamental Keuangan Kesehatan dan Pengembangan Diri

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh KPI Cleaning Service & Penjelasannya

Mengenal Perusahaan Pembiayaan Syariah (Finance Syariah)

Fatwa DSN-MUI No. 01 Tentang Giro