Pengertian dan Cara Meraih Kebebasan Finansial

Kebebasan Finansial; Kebebasan finansial dapat diartikan sebagai pola hidup yang sangat terencana dengan baik dimana seseorang tidak perlu lagi bekerja untuk memperoleh pendapatan.

Pengertian Kebebasan Finansial. Kebebasan finansial dikenal juga dengan passive income sehingga uang akan bertambah dengan sendirinya sehingga tidak akan pusing lagi untuk membayar semua pengeluaran tiap bulannya. Menurut pakar keuangan, kebebasan finansial merupakan suatu kondisi keuangan dengan jumlah raihan investasi yang banyak, aman dan hasilnya sudah sangat mencukupi kebutuhan hidup sesuai dengan yang diinginkan. Tentu saja hal ini akan memerlukan kerja keras, kecerdasan dan konsistensi.

Banyak orang yang kemudian salah kaprah tentang kebebasan finansial ini. Ada yang menganggap bahwa kebebasan finansial bisa dicapai ketika seseorang memiliki uang dalam jumlah yang sangat banyak. Meski uang memang sangat berpengaruh, namun kebebasan finansial yang sesungguhnya adalah saat seseorang sudah tidak merasa dikejar-kejar lagi untuk mengumpulkan uang.

Dengan kata lain, orang kaya belum tentu sudah merasakan kondisi kebebasan finansial yang sesungguhnya. Bisa jadi orang kaya tersebut malah merasa tertekan untuk bisa mengumpulkan uang terus menerus demi menunjang dan mempertahankan gaya hidupnya.

Cara Meraih Kebebasan Finansial. Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencapai kebebasan finansial ini yang meliputi perencanaan, pendapatan tambahan, pendapatan pasif (investasi), dana talangan selain tabungan dan usahakan pengeluaran tidak lebih besar dari pendapatan per bulan. Secara garis besar, kebebasan finansial akan bergantung pada apa yang dicari dan diinginkan oleh tiap individu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh KPI Cleaning Service & Penjelasannya

Mengenal Perusahaan Pembiayaan Syariah (Finance Syariah)

Fatwa DSN-MUI No. 01 Tentang Giro