Membuat Rincian Anggaran Bulanan Untuk Manajemen Keuangan yang Baik

Membuat Rincian Anggaran Bulanan Untuk Manajemen Keuangan yang Baik

Pembiasaan dan Penyesuaian Diri
Seperti halnya orang tua yang mengajarkan anaknya mengendarai sepeda, mungkin terdapat momen dimana Anda merasa anggaran tersebut bukan bidang Anda dan kemudian berhenti mengerjakannya. Apabila bulan pertama muncul perasaan seperti ini ketika membuat daftar anggaran, yakinlah bahwa bulan berikutnya akan terasa lebih baik.

Anda harus memberikan diri sendiri waktu untuk bisa terbiasa dengan hal tersebut. Pada bulan ketiga, Anda akan mulai mendapatkan tingkat kepercayaan diri yang lebih baik dalam proses pembuatan rincian anggaran tersebut. Paling tidak Anda akan mengetahui ke mana sebenanrnya uang Anda digunakan.

Mengenali Kondisi Keuangan
Konsep pembuatan anggaran bulanan yang ideal adalah ketika pendapatan dikurangi rencana pengeluaran dan menghasilkan saldo nol. Jika masih mempunyai sisa anggaran, artinya Anda harus mengalokasikan anggaran tersebut pada pos-pos pengeluaran. Jika hasilnya minus, maka Anda mengetahui bahwa memanga selama ini Anda hidup dengan prinsip lebih besar pasak daripada tiang.

Menyeimbangkan Anggaran
Dengan begitu Anda akan memiliki tantangan tersendiri untuk menyeimbangkan anggaran. Apa pun profesi atau pekerjaan Anda, disarankan agar selalu mencatat semua penghasilan tetap maupun yang tidak tetap. Mulai dari gaji bulanan, penghasilan sampingan dari bisnis sendiri sampai dengan hingga pendapatan dari investasi.

Terbuka
Pada dasarnya, ketika memperoleh uang di bulan yang sedang berjalan maka masukkan uang tersebut ke dalam kategori pendapatan. Jika sudah menikah atau berkeluarga, usahakan untuk selalu terbuka tentang masalah keuangan dengan pasangan.

Informasi Fundamental Keuangan Kesehatan dan Pengembangan Diri

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh KPI Cleaning Service & Penjelasannya

Mengenal Perusahaan Pembiayaan Syariah (Finance Syariah)

Fatwa DSN-MUI No. 01 Tentang Giro