Tips Mengatur Uang Bulanan Keluarga

Tips Mengatur Uang Bulanan Keluarga. dorar.info Gaji bulanan kadang-kadang tidak mencukupi semua kebutuhan keluarga dalam satu bulan. Hal ini sebenarnya dapat diatasi dengan memiliki strategi jitu ketika mengatur uang bulanan.

Pada dasarnya tidaklah penting seberapa besar gaji per bulan yang Anda miliki, yang terpenting adalah seberapa efektif Anda dalam mengatur keuangan tiap bulannya. Kehidupan rumah tangga perlu menerapkan anggaran belanja keluarga yang harus disusun setiap bulan sebelum waktu gajian.

Tips Mengatur Uang Bulanan Keluarga

Anggaran belanja keluarga tersebut harus lebih kecil bila dibandingkan dengan penghasilan atau gaji bulanan. Hal ini bertujuan agar menghindari kondisi defisit saat akhir bulan. Susun anggaran belanja keluarga sedetail mungkin dan prioritaskan pengeluaran rutin terlebih dulu sebelum Anda membuat rencana pengeluaran yang lainnya.

Penyusunan anggarannya saja sebenarnya tidaklah cukup dan tidak akan efektif apabila tidak direalisasikan dengan benar. Maka dari itu, Anda harus konsisten terhadap anggran belanja yang sudah dirancang tersebut.

Jangan pernah mengeluarkan uang untuk segala hal diluar anggaran belanja keluarga yang sudah disusun terkecuali untuk kondisi yang penting atau darurat.

Dianjurkan untuk menyisihkan sebagian uang untuk tabungan pada awal bulan ketika menerima gaji. Jangan menunggu uang sisa pada akhir bulan untuk disimpan dalam tabungan karena cara ini jarang berhasil.

Informasi Keuangan, Bisnis dan Investasi

Anda sebaiknya membuat rekening baru yang terpisah khusus untuk dana tabungan dan jangan disatukan dengan rekening untuk gaji.

Lebih baik lagi jika rekening tabungan tersebut tanpa dilengkapi fasilitas ATM sehingga Anda akan terhindar dari godaan untuk menggunakan uang dalam tabungan tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh KPI Cleaning Service & Penjelasannya

Mengenal Perusahaan Pembiayaan Syariah (Finance Syariah)

Fatwa DSN-MUI No. 01 Tentang Giro