Kelebihan dan kekurangan uang kertas

Kelebihan dan kekurangan uang kertas

Kelebihan dan kekurangan uang kertas | Uang Kertas Sesuai dengan namanya, uang kertas adalah uang yang terbuat dari kertas. Uang ini termasuk dalam jenis uang kartal, atau uang yang beredar di masyarakat. Di Indonesia ada beberapa nominal uang kertas, mulai dari Rp 1.000,00 hingga Rp 100.000,00. Nah, apa saja kelebihan dan kekurangan uang kertas?

Ada dua jenis uang kartal yang beredar di Indonesia, yaitu uang kertas dan uang logam. Uang kertas memiliki beberapa keunggulan dibandingkan uang logam. Namun demikian, bukan berarti uang kertas tidak memiliki kekurangan.

Kelebihan uang kertas
Kelebihan uang kertas diantaranya adalah, nominalnya lebih tinggi dari uang logam. Jadi, ketika Anda akan membayar dengan nilai yang tinggi, Anda tidak perlu menggunakan terlalu banyak uang kertas. Selain itu uang kertas lebih mudah dibawa ketimbang uang logam. Jika diletakkan di dalam dompet, uang kertas akan muat lebih banyak dibandingkan jika Anda menyimpan uang logam di dalam dompet.

Kekurangan uang kertas
Selain kelebihan, ada juga kekurangan uang kertas. Uang kertas memang terbuat dari kertas, dan dibuat untuk bisa tahan lama. Namun apabila dibandingkan dengan uang logam, uang kertas lebih mudah rusak. Uang logam jelas tidak bisa robek dan akan cukup sulit diubah bentuknya. Namun sebaliknya, uang kertas sangat rentan robek.

Informasi Keuangan, Bisnis dan Investasi

Ok, pada artikel ini Anda telah belajar apa saja kelebihan dan kekurangan uang kertas. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh KPI Cleaning Service & Penjelasannya

Mengenal Perusahaan Pembiayaan Syariah (Finance Syariah)

Fatwa DSN-MUI No. 01 Tentang Giro