Definisi valuta asing menurut para ahli

Definisi valuta asing menurut para ahli | #keuangan Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang definisi valuta asing menurut para ahli atau yang biasa disebut dengan valas. Valas dalam bahasa Inggris disebut dengan foreigen exchange atau forex.

Hamdy Hady menjelaskan definisi valuta asing sebagai suatu mata uang asing dan alat pembayaran yang digunakan untuk melakukan transaksi ekonomi keuangan internasional yang memiliki catatan kurs resmi pada bank sentral.

Definisi valuta asing menurut para ahli

Pendapat lain muncul dari Heli Charisma Berlianta yang menjelaskan definisi valuta asing sebagai mata uang yang keluar dan digunakan untuk alat pembayaran yang sah di negara lain.

Kata negara lain pada penjelasan definisi valuta asing dari Heli Charisma Berlianta bersifat relatif. Misalkan orang Indonesia pasti akan menganggap mata uang dollar Amerika Serikat sebagai valuta asing. Namun bagi orang Amerika Serikat tentunya mata uang dollar bukanlah valuta asing.

Jika mata uang seluruh negara di dunia sama, mungkin tidak ada istilah valas atau valuta asing atau foreigen exchange. Kenyataan ini menjelaskan bahwa pada setiap proses transaksi internasional akan selalu menggunakan valas. Dengan kata lain, ada suatu kebutuhan dalam mengubah suatu mata uang menjadi mata uang lain.

Itulah tadi definisi valuta asing menurut para ahli. Beberapa penjelasan dari para ahli tadi mungkin sedikit berbeda, namun yang jelas memiliki arti yang sama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh KPI Cleaning Service & Penjelasannya

Mengenal Perusahaan Pembiayaan Syariah (Finance Syariah)

Fatwa DSN-MUI No. 01 Tentang Giro